1. Bahasa Indonesia
Level Kognitif
|
Membaca Nonsastra
|
Membaca Satra
|
Menulis Terbatas
|
Menyunting Kata, Kalimat,
Paragraf
|
Menyunting Ejaan
dan Tanda Baca
|
Pengetahuan dan pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menentukan
· Memaknai
|
Siswa mampu
- menentukan makna kata/kalimat pada teks
- menentukan informasi
tersurat teks
- menentukan bagian teks
|
Siswa mampu
- menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
- menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
- menentukan bagian
cerpen dan fabel
|
Siswa mampu
- melengkapi teks dengan kata atau kalimat
|
Siswa mampu
- menunjukkan kesalahan
penggunaan kata, kalimat,
kepaduan paragraf
|
Siswa mampu
- menunjukkan
kesalahan penggunaan ejaan atau tanda baca
|
Aplikasi
· Menunjukkan bukti
· Menyimpulkan
· Menemukan ide
· Menginterpretasikan
· Menggunakan
· Menyusun
|
Siswa mampu
- menentukan ide pokok teks
- menyimpulkan isi teks
- menyimpulkan
pendapat (pro/kontra)
- meringkas isi teks
|
Siswa mampu
- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi tersirat
dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan sebab/akibat konflik
|
Siswa mampu
- menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
- melengkapi kata, kalimat, paragraf
|
Siswa mampu
- menggunakan istilah
dalam kalimat
- menggunakan kata bentukan (mengisi
sesuai
kaidah bentukan kata)
|
Siswa mampu
- menggunakan
ejaan
- menggunakan tanda baca
|
Penalaran
· Mengevaluasi
· Membandingkan
· Menanggapi
· Merefleksi
|
Siswa mampu
- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
- menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
|
Siswa mampu
- membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
- membandingkan
penggunaan bahasa cerpen dan fabel
- mengomentari
isi, pola pengembangan/ bahasa
|
Siswa mampu
- mengubah teks ke dalam bentuk lain
- menulis
teks singkat
sesuai dengan konteks
|
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan
penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
- menentukan alasan
kesalahan penggunaan
kata, kalimat, dan ketidakpaduan
paragraf
|
Siswa mampu
- memperbaiki
kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
- menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan
dan tanda baca
|
Keterangan
Jenis teks yang digunakan adalah:
Teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabel
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
Level Kognitif
|
Fungsi Sosial
|
Struktur Teks
|
Unsur Kebahasaan
|
Pengetahuan dan Pemahaman
-
Mengidentifikasi
|
Siswa mampu:
- mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek (pesan
singkat,
undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount
dan report)
|
Siswa mampu :
- mengidentifikasi langkah kerja / urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks fungsional pendek (pesan singkat,
undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
|
Siswa mampu:
- mengidentifikasi ungkapan/kata yang memiliki makna yang sama yang terdapat
dalam teks fungsional pendek (pesan singkat,
undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
|
Aplikasi
· Mengklasifikasi
· Menentukan
· menerapkan
|
Siswa mampu :
- siswa mampu menerapkan fungsi detil dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan
singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
|
Siswa mampu:
- siswa mampu menentukan susunan kata/kalimat acak
dalam teks fungsional pendek (pesan
singkat,
undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif,
prosedur, naratif, recount dan report) yang tepat
|
Siswa mampu:
- menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks dalam teks fungsional pendek (pesan
singkat,
undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
- menentukan bentuk gramatika yang tepat sesuai konteks dalam teks dalam
teks fungsional
pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif,
prosedur, naratif, recount
dan report)
|
Penalaran
· menyimpulkan
· menganalis
|
Siswa mampu:
- menyimpulkan fungsi/ akibat/efek
setelah membaca teks dalam teks fungsional
pendek (pesan
singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount
dan report
|
Siswa mampu :
- menyimpulkan hasil dari langkah-
langkah tindakan yang terdapat dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat,
undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
Level Kognitif
|
Fungsi Sosial
|
StrukturTeks
|
UnsurKebahasaan
|
Pengetahuan dan pemahaman
-
Mengidentifikasi
|
Siswa dapat:
-
Mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter; Esai pendek
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
|
Siswa dapat :
- Mengidentifikasi langkah kerja
/urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks esai pendek:
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Descriptive
- Report
|
Siswa dapat:
- Mengidentifikasi ungkapan/kata yang memiliki makna yang sama dalam teks fungsional pendek
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter; Esai pendek
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
- Menentukan kata atau bentuk gramatika
yang tepat untuk melengkapi teks esai pendek
- Narrative
- Recount
- Procedure
|
Penerapan
· Mengklasifikasi
· Menentukan
· menerapkan
|
Siswa dapat :
- Menerapkan fungsi
detil dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks fungsional pendek
- invitation
- announcement
- advertisement
- Letter; Esai pendek
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
|
Siswa dapat:
- Menjelaskan keterkaitan
antara langkah satu dengan yang lainnya dalam teks fungsional pendek
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter; Esai pendek
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
Level Kognitif
|
Fungsi Sosial
|
StrukturTeks
|
UnsurKebahasaan
|
- Report
|
-
Menentukan susunan kata yang tepat dalam kalimat yang terdapat dalam teks esai pendek
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
|
||
Penalaran
· menyimpulkan
· menganalisis
|
Siswadapat:
-
Menentukan akibat setelah
membaca teks fungsional
pendek
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter; Esai pendek
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
|
Siswadapat :
- Menyimpulkan hasil dari langkah yang dilakukan atau tidak dilakukan dalam teks fungsional
pendek
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter; Esai pendek
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
Level Kognitif
|
Bilangan
|
Aljabar
|
Geometri
dan Pengukuran
|
Statistika dan Peluang
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
· Mendeskripsikan
· Membuat tabulasi
· Menghitung
· Menginterpretasi
· Memprediksi
· Menentukan
|
Siswa dapat memahami pengetahuan
tentang:
- operasi bilangan bulat
dan sifat-sifatnya
- operasi bilangan pecahan dan sifat-sifatnya
- operasi bilangan berpangkat
dan sifat-sifatnya
- operasi
bilangan bentuk akar
dan sifat-sifatnya
-
pola barisan bilangan
-
barisan dan deret
-
aritmetika sosial
-
perbandingan
|
Siswa dapat memahami pengetahuan
tentang:
-
bentuk aljabar
- persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
- sistem
persamaan linier dua variabel
- himpunan dan diagram
venn
-
relasi atau fungsi
-
persamaan garis
lurus
|
Siswa dapat memahami pengetahuan
tentang:
- hubungan garis dan sudut
serta ukurannya
- konsep segiempat dan segitiga serta ukurannya
-
teorema pythagoras
- unsur/bagian
lingkaran serta
ukurannya
- unsur bangun ruang sisi datar maupun
lengkung
- luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar maupun
lengkung
- kesebangunan dan kongruen bangun datar
|
Siswa dapat memahami pengetahuan
tentang:
- menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk diagram
batang, garis
atau lingkaran
- rata-rata, median, modus
- titik
sampel, ruang
sampel dan peluang
|
Aplikasi
· Mengklasifikasi
· Mengeskperimen data
· Mengonstruk
· Menyelesaikan masalah
|
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- operasi bilangan bulat
dan sifat-sifatnya
- operasi bilangan pecahan dan sifat-sifatnya
- operasi bilangan berpangkat
dan sifat-sifatnya
- operasi bilangan bentuk akar
dan sifat-sifatnya
-
pola barisan bilangan
-
perbandingan
-
aritmetika sosial
|
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
-
operasi dua himpunan
-
relasi atau fungsi
-
persamaan garis
lurus
- sistem
persamaan linier
dua variabel
|
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
-
teorema Pythagoras
-
unsur-unsur/bagian lingkaran
-
unsur-unsur bangun ruang
- kesebangunan dan kekongruenan segitiga
- luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar maupun
lengkung
|
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- rata-rata, median, modus
- penyajian
data dalam bentuk diagram batang,
garis atau lingkaran
- ruang sampel dan peluang sederhana
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
Level Kognitif
|
Bilangan
|
Aljabar
|
Geometri
dan Pengukuran
|
Statistika dan Peluang
|
Penalaran
· Menjelaskan
· Membedakan
· Menafsirkan
· Menyimpulkan
|
Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan
dengan:
-
bilangan bulat
-
pecahan
-
barisan dan deret
-
aritmetika sosial
-
perbandingan
|
Siswa mampu menggunakan
nalar yang berkaitan
dengan:
- persamaan linier dua variabel
- penggunaan konsep himpunan
-
penggunaan konsep fungsi
|
Siswa mampu menggunakan
nalar yang berkaitan
dengan:
-
kesebangunan segitiga
|
Siswa mampu menggunakan
nalar yang berkaitan
dengan:
- rata-rata, median, modus
- penyajian
data dalam bentuk diagram batang, garis atau lingkaran
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
4.1 BIOLOGI
Level Kognitif
|
Makhluk hidup dan lingkungannya
|
Struktur dan fungsi makhluk hidup
|
Pengetahuan
· Mengidentifikasi
· Mendeskripsikan
· Mengklasifikasi
· Menunjukkan
· Menjelaskan
· Menentukan
|
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
-
gejala alam biotik dan abiotik
-
ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
-
keragaman pada sistem organisasi kehidupan
-
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
|
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
-
sistem gerak pada manusia
-
sistem pencernaan manusia
-
sistem peredaran
darah
-
sistem pernafasan
-
sistem ekskresi
-
sistem reprodusi
manusia
-
jaringan tumbuhan
-
kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan
bereproduksi
|
Aplikasi
· Memberi contoh
· Menyimpulkan
· Menerapkan
· Menghubungkan
· Memprediksi
· Membandingkan
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
dan pemahaman tentang:
-
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
-
kepadatan populasi manusia
-
pencemaran
lingkungan
-
alat
untuk mengenal gejala-gejala kehidupan
-
prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
dan pemahaman tentang:
-
faktor-faktor yang berpengaruh pada sistem gerak
-
percobaan dalam sistem
pencernaan
-
mekanisme peredaran darah
-
percobaan sistem
pernapasan
-
menjaga kesehatan
sistem ekskresi
-
kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia
-
keterkaitan
struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan
-
percobaan fotosintesis
-
kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan
bereproduksi
|
Penalaran
· Menganalisis
· Mensintesis
· Mengevaluasi
· Menilai
· Memperpimbangkan
· Memecahkan masalah
· Memberi argumen
|
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
- pengelolaan lingkungan
untuk mengatasi
pencemaran
dan kerusakan lingkungan
- dampak interaksi makluk hidup dan lingkungannya
- pengaruh kepadatan populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya
|
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
-
keterkaitan
antara sistem
organ pada manusia
-
keterkaitan
antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan
-
pola hidup sehat
- manfaat
perkembangbiakan
tumbuhan dan hewan untuk kesejahteraan
manusia
-
percobaan fotosintesis
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
4.2 FISIKA-KIMIA
Level Kognitif
|
Pengukuran, zat dan sifatnya
|
Mekanika
dan Tata Surya
|
Gelombang, Listrik dan Magnet
|
Pengetahuan dan pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menyebutkan
· Menunjukkan
· Membedakan
· Mengelompokkan
· Menjelaskan
|
Siswa mampu memahami tentang:
- pengukuran
- besaran dan satuan
- konsep zat dan wujudnya
- zat serta perubahannya
- zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- partikel zat
- pencemaran
- campuran
- larutan
|
Siswa mampu memahami tentang:
-
gerak lurus
-
hukum newton
-
usaha dan energi
-
pesawat sederhana
-
suhu dan kalor
-
tekanan
-
tata
surya
|
Siswa mampu memahami tentang:
-
getaran dan gelombang
-
bunyi
-
optik
-
listrik dan magnet
|
Aplikasi
· Mengklasifikasi
· Menginterpretasi
· Menghitung
· Mendeskripsikan
· Memprediksi
· Mengurutkan
· Membandingkan
· Menerapkan
· Memodifikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- pengukuran
-
konsep zat dan wujudnya
-
zat serta perubahannya
-
zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
-
partikel zat
-
pencemaran
-
campuran
-
larutan
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- gerak
lurus
-
hukum newton
-
usaha dan energi
-
pesawat sederhana
-
suhu dan kalor
-
tekanan
-
tata
surya
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- getaran
dan gelombang
-
bunyi
-
optik
-
listrik dan magnet
|
Penalaran dan logika
· Menemukan
· Menyimpulkan
· Menggabungkan
· Menganalisis
· Memecahkan masalah
· Merumuskan
|
Siswa mampu bernalar
tentang:
-
pengukuran
-
konsep zat dan wujudnya
-
zat serta perubahannya
-
zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
-
partikel zat
-
pencemaran
-
campuran
-
larutan
|
Siswa mampu bernalar
tentang:
-
gerak lurus
-
hukum newton
-
usaha dan energi
-
pesawat sederhana
-
tekanan
-
suhu dan kalor
|
Siswa mampu bernalar
tentang:
-
getaran dan gelombang
-
bunyi
-
optik
-
listrik dan magnet
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar