1. SCL adalah salah satu inovasi
di bidang pendidikan yang bercirikan:
a. Menekankan transfer pengetahuan dari guru ke siswa,
b. Lebih menekankan pada penguasaan materi,
c. Penekanan pada pencapaian kompetensi,
d. Proses pembelajaran dan penilaian dilakukan secara terpisah,
e. Penekanan pada ketuntasan materi pelajaran.
2. Pemilihan model pembelajaran
sangat bergantung pada:
a. Sarana-prasarana,
b. Siswa,
c. Kurikulum,
d. Guru,
e. Semuanya benar.
3. Perkembangan teknologi
informasi sangat mempengaruhi:
a. Perkembangan model pembelajaran,
b. Cara belajar siswa,
c. Cara mengajar guru,
d. Perkembangan bahan ajar,
e. Semuanya benar.
4. Model pembelajaran yang
meminta siswa untuk mengurutkan dan menjelaskan gambar setelah guru
menyampaikan materi adalah:
a. Cooperative Script,
b. Metode Jigsaw,
c. Snowball Throwing,
d. Problem Solving,
e. Picture and Picture.
5. Model pembelajaran yang
mengedepankan kerjasama sesama guru serta melakukan perencanaan, praktek
mengajar, observasi Refleksi/kritikan terhadap pembelajaran adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.
6. Model pembelajaran dengan cara
membuat pertanyaan yang dituliskan pada kertas lalu diberikan pada ketua
kelompok untuk dilempar ke siswa lain untuk dijawab adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.
7. Model pembelajaran dimana guru
membagi topik tertentu menjadi beberapa subtopik, selanjutnya membagi siswa ke
dalam kelompok belajar kooperatif, setiap anggota bertanggungjawab terhadap
penguasaan setiap subtopik, adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.
8. Model pembelajaran yang
mempunyai kelebihan mendorong siswa berpikir secara ilmiah, kreatif, intuitif
dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap objektif, jujur dan
terbuka, adalah:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.
9. Model pembelajaran yang
menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan logis, adalah:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.
10. Model pembelajaran yang
mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan
masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan
berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.
11. Beragam teknik penilaian dapat dilakukan untuk
mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar siswa, baik yang berhubungan
dengan proses belajar maupun hasil belajar. Teknik-teknik penilain tersebut
adalah sebagai berikut, kecuali:
a.Penilaian unjuk kerja
b. Penilaian sikap
c. Penilaian observasi langsung
d. Penggunaan tertulis
12. Dalam Soal tes tertulis
peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat
juga dalam bentuk yang lain seperti berikut, kecuali:
a. Memberi tanda
b. Mewarnai
c. Membaca
d. Menggambar
13. Tes tertulis dalam bentuk
mensuplai jawaban dapat dibedakan, kecuali menjadi:
a.multiple choice
b. isian
c. jawaban singkat
d. uraian.
14. Tes ini dapat digunakan untuk
menilai kemampuanberfikir tinggi !
a. tes sebab-akibat
b. tes benar – salah
c. tes menjodohkan
d. tes pilihan ganda.
15. Tes tertulis bentuk ini
merupakan alat penilaian yang menuntut peserta didik untuk mengingat, memahami,
dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-hal yang telah dipelajarinya.
a. jawaban singkat
b. uraian
c. isian
d. pilihan ganda.
16. Dalam menyusun alat penilaian
tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal berikut, kecuali .........
a. jumlah item
b. karakteristik mata pelajaran
c. materi
d. konstruksi
17. Tes pilihan ganda memiliki
beberapa kekurangan diantaranya tersebut berikut ini, kecuali .........
a.peserta didik tidak mengembangkan sendiri jawabannya
b. menimbulkan kecenderungan anak didik tidak belajar
c. kurang dapat untuk memodifikasi kegiatan pembelajaran
d. banyak digunakan untuk penilaian ketrampilan berbahasa secara formal.
18. Kelemahan tes tertulis bentuk
uraian antara lain .....
a. peserta didik dapat mengekspresikan gagasan atau pendapatnya
b. dapat menilai berbagai jenis kompetensi
c. cakupan materi yang ditanyakan terbatas
d. peserta didik dituntut untuk mengemukakan pendapatnya dengan
kata-katanya sendiri.
19.Keberhasilan pembelajaran
bergantung pada beberapa hal, kecuali ....
a. efektifitas penilaian kelas
b. cost benefit yang besar
c. perancangan penilaian secara sistemasis
d. perlakuan penilaian yang secara terus-menerus dan berkesinambungan.
20. Penilaian kelas yang baik
akan memberikan informasi yang bermanfaat, kecuali
a. bagi orang tua, dapat meningkatkan gairah kerjanya agar dapat
membiayai sekolah anak-anaknya
b. bagi guru, dapat meningkatkan efektifitas mengajarnya
c. bagi peserta didik, akan meningkatkan kualitas kegiatan/hasil
belajarnya
d. mampu memotivasi anak didik meningkatkan terus upaya belajarnya.
21. KTSP menuntut adanya
perubahan dalam mengelola proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus (a).
Inovatip dan Kreatip (b) Paradikma Teaching berubah menjadi learning (c). cara
berpikir produktip menjadi reflektip dan (d ). Demonstrating the knowledge.
Soal : dari pernyataan tersebut yang tidak sesuai adalah :
A. (a) dan (b) B. (a) dan (d) C. (d) D. (c)
22. Menggunakan media dan
menggunakan teknik presentasi merupakan salah satu cara mengelola pembelajaran
akan :
(a) menarik perhatian siswa. (b). Membosankan siswa
(c). Meningkatkan daya serap siswa (d). Merepotkan dan membebani guru
Soal : Dari pernyataan tersebut yang benar adalah :
A. (a) dan (b) B. (a) dan (c) C. (b) dan (d) D. (c)dan (d)
23, Sumber belajar adalah segala
macam sumber yang memungkinkan siswa belajar. Ada bermacam-macam sumber belajar
yaitu yang benar terdiri dari :
A. pesan dan orang B. Alat dan teknik
C. Lingkungan, D. pesan dan bahan
( boleh pilih lebih dari satu jawaban).
24. Segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian, dan minat siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar
siswa.
Soal : Pernyataan tersebut merupakan konsep media yang dinyatakan oleh:
A. Palmer, W B. Gagne C. Bright D. AECT
25. Yang termasuk bahan
pertimbangan dalam memilih media dalam pembelajaran diantaranya adalah :
A. harus membuat terlebih dulu
B. Kesesuaian dengan tujuan dan bahan
C. harganya mahal dan modern
D. Pengoperasiannya sulit.
26. Manakah media yang paling
baik untuk mengajar
A. VCD B.
Flip Chart D. OHT E. LCD
27. Fungsi GBIPM (Garis Besar Isi
Program Media) adalah
A. instrument perencanaan media dalam pembelajaran
B. Instrument Pengembangan Media dalam pembelajaran
C. Instrument Pemilihan Media dalam pembelajaran
D. Perencanaan Program Media dalam pembelajaran
(boleh
pilih lebih dari satu jawaban)
28. Media dalam pembelajaran
harus didisain dengan baik dan menarik. Hal ini karena media bukan semata-mata
berperan sebagai perantara atau pengantar pesan, tetapi media juga perperan
sebagai Perangsang:
A. Pikiran dan Perasaan B. Perhatian dan minat
C. Menarik perhatian D. Menarik Minat.
(boleh memilih dua opsi yang tepat)
29. Pilihlah jenis huruf berikut
ini yang menurut saudara paling tepat untuk membuat media OHT/Slide presentasi
A. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
B. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
C. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
D. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
30. Aspek-aspek yang menentukan
karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
31. Struktur sajian suatu karya
tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup
32. Bagian penutup suatu karya
tulis ilmia, pada umumnya menyajikan
tentang
a. rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran
33. Substansi suatu karya tulis
ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan
yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis
ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
34. Dalam karya tulis ilmiah,
penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan
hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian
35. Keobyektifan penulis karya
tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
36. Komponen suatu karya tulis
ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan
penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran
37. Berikut ini adalah ciri-ciri
suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis
38. Di antara judul berikut, yang
manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius yang menghebohkan
39 Untuk membedakan karya tulis
ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek
tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
40. Artikel dapat dikelompokkan
menjadi
a. artikel laporan dan artikel rujukan
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
41. Dari sudut ide, salah satu
dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah
yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
42. Tulisan analisis konseptual
terdiri dari
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul
pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
43. Dalam suatu artikel
konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam
peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
44. Referensi memuat semua
rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan
45. Salah satu dari tiga
pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
46. Salah satu hal yang harus
dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
47. Pemilihan penggunaan kata dan
kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu
contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan
c. gaya
tulisan
d. bahasa tulisan
48. Rekomendasi untuk judul
adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
49. Dalam suatu laporan atau
artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
Soal Essay……
1. Jelaskan
beberapa inovasi dalam bidang pendidikan yang bapak/ibu ketahui, apa kelemahan
dan keunggulannya.
2. Jelaskan
dampak perkembangan Ipteks pada inovasi bidang pendidikan dan inovasi di bidang
pembelajaran.
3. Buat
RPP ringkas untuk mata pelajaran tertentu menggunakan satu atau lebih model
pembelajaran inovatif yang bapak/ibu anggap sesuai dengan mapel tersebut.
4. Dalam
praktik pembelajaran, paling banyak dipergunakan teknik penilaian tertulis.
Setujukah anda atas pernyataan tersebut ? Mengapa demikian ?
5. Adakah
teknik penilaian yang dapatdipergunakan untuk menilai berbagai kompetensi ?
Berikan alasannya !
6. Berikan
alasan! Mengapa Teknik Penilaian Tertulis, khususnya alat penilaian tes pilihan
ganda kurang dianjurkan pemakaiannya dalam penilaian pembelajaran yang otentik
dan berkesinambungan ?
7. Apa
alasannya PTK selalu dirancang dalam bentuk tahapan siklus yang berulang-ulang
?
8. Apa
hakekat utama dari penelitian tindakan kelas tersebut ?
9. Jelaskan
makna dan fungsi dilakukannya PTK oleh seorang guru ?
10. Kenapa PTK tidak
tepat dilakukan oleh orang lain ?
11. Apa tujuan dan
manfaatnya jika dalam penelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaboratif
dengan pihak lain (dosen LPTK) ?
12. Prinsip-prinsip
apa aja yang harus dipertimbangkan dalam melaksanakan sebuah PTK ?
13. Faedah apa yang
dapat dipetik dengan model penelitian yang bersifat siklus dan reflketif ?
14. Jelaskan ciri-ciri
yang dimiliki oleh PTK ?
15. Sebutkan
langkah-langkah pokok dalam menentukan sebuah tema PTK !
16. Apakah semua
masalah dalam pembelajaran dapat diteliti dengan dengan PTK, berikan alasan
anda !
17. Kenapa PTK
senantiasa diharuskan bersumber dari guru kelas ?
18. Sebutkan garis
besar struktur dari sebuah proposal PTK !
19. Pertimbangan-pertimbangan
apa saja yang harus diperhitungkan dalam PTK?
20. Setelah membaca
uraian di atas, coba bapak dan ibu simpulkan bagaimana caranya mengenal
karakteristik karya tulis ilmiah. Jelaskan mengapa bapak dan ibu menyimpulkan
seperti itu?
21. Sebutkan
aspek-aspek yang dapat menggambarkan karakteristik suatu karya tulis ilmiahdan
berikan penjelasan singkat untuk setiap aspek. Berdasarkan uraian itu, coba
simpulkan karakteristik karya tulis ilmiah!
22. Secara umum,
struktur sajian suatu karya tulis ilmiah terdiri dari bagian awal, inti, dan
bagian penutup. Coba jelaskan deskripsi masing-masing bagian dan apa bedanya
dengan struktur sajian karya non ilmiah?
23. Jelaskan mengapa
abstrak merupakan bagian terpenting dalam laporan dan artikel penelitian
24. Sebut dan jelaskan
perbedaan karya tulis ilmiah hasil pemikian dan hasil penelitian!
25. Carilah salah satu
artikel hasil penelitian, telaah unsur-unsur yang terdapat pada artikel itu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar