Pilih salah satu
jawaban yang paling benar !
1. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan
keterampilan sosial antara
lain terlihat dalam upaya guru ….
a. memberikan
contoh pentingnya bersikap
toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan
informasi yang tepat
c. melatih
bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. mendiskusikan
bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
2. Salah satu upaya guru dalam melaksankan
langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang
telah
dirancang melalui Penelitian Tindakan
Kelas antara lain ….
a. guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran
selama ini yang
memerlukan peningkatan
b. guru melakukan introspekksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
c. guru merancang upaya
latihan mengerjakan soal-soal
untuk persiapan Ujian Nasional d.
guru mengevaluasi kembali rancangan
mengatasi kelemahan yang
ada
3. Hasil analisis
kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksankan dapat digunakan
guru untuk :
a. mempertahankan
kebiasaan mengajar
karenan sudah lama dan banyak
pengalaman b. mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang
canggih untuk meningkatkan
pembelajaran
c. merancang ulang rancangan
pembelajaran yang berdasarkan analisis
terbukti memiliki
kelemahan
d. melakukan
latihan tambahan berupa
test untuk para siswa
4. Upaya merancang
pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan
belajar optimal tampak
dalam kegiatan
guru sebagai berikut:
a. memberikan tambahan materi berupa sumber
ajar dari pengarang yang bereda
b. memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
c. memberian tambahan sumber
bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrumen testnya yang
sesuai
d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan
mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan
tinggi
5. Dasar rancangan program
remidi bagi peserta didik
yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan
belajar ….
a. proses pengajaran remidial pada dasarnya
adalah proses belajar
mengajar biasa b.
tujuan
pengajaran remidial adalah sama dengan test diagnostik
c. sasaran terpenting pengajaran
remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa d. strategi yang dipilih
hanya berbentuk test ulang
6. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru …. a. membuat rancangan
pembelajaran khusus untuk
siswa peserta remidial
b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil
temuan analisis
evaluasi belajar
siswa
c. menggunakan rancangan
pembelajaran
baru yang berbeda sama sekali dengan
rancangan yang ada.
d. merancang test ulang
saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
7. Upaya guru menggunakan
hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai
berikut...
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan
hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelmahan secara umum dilihat dari kriteria
keberhasilan yang diharapkan d. merencanakan
pengajaran remidi
8. Perhatikan pernyataan-pernyatan
berikut:
1. Mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ)
tinggi
2. Menganaalisis soal yang
paling
banyak salah dan pling banyak benar dijawab siswa
3. Menganalisis latar belakang sosial,
ekonomi, dan budaya orang tua mereka
4. Mengevaluasi sitem PBM secara menyeluruh berdasarkan atas
dasar analisis penilaian belajar Peryataan di atas yang merupakan langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi hasil belajar adalah...
a. 1 dan
2 b. 1 dan 3 c.
2 dan
4 d. 3 dan 4
9. Upaya untuk
menganalisis hasil penilaian
proses antara lain berupa
kegiatan guru...
a. memeriksa dan
memberikan nilai terhadap hasil catatan
aktivitas
tiap siswa dalam kegiatan di kelas
b. melakukan wawancara
tambahan dengan
siswa yang beraktifitas
sangat positip
c. merencanakan
pembelajaran remidial bagi siswa
yang kurang baik berdasarkan penilaian non test
d. melakukan wawancara tambahan dengan siswa
yang beraktivitas kurang baik
10. Penilaian
portofolio dapat dilaksankan
dengan cara ….
a. memberikan
penilaian menyeluruh terhadap
tugas-tugas siswa
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban
hasil test harian
dan sumatif tiap siswa
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing
siswa yang telah diberikan masukan
baik oleh guru dan rekan siswaa dalam sustu album sebagai
bukti hasil belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat
kesulitan siswa dalam memahami pokok
bahasan tertentu
dan kemudian diberikan pengajaran dan
test remidial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar