1. Pernbelajaran kontekstual rnerupakan konsep belajar
yang mendorong guru untuk
...
a. Mengajarkan dengan berbagai media pada saat bersamaan
y. Menghubungkan
materi dan suatu permasalahan
c. Melakukan kolaborasi berbagai disiplin ilmu
d. Mengembangkan mated dari
suatu permasalahan
2. Berikut
ini adalah cirri-ciri
pendekatan
CTL, kecuali ...
a.
|
Belajar berdasarkan pengalarnan
|
/. Berpusat pada
guru
|
b.
|
Berpikir tingkat
tinggi
|
d. Siswa kritis dan kreatif
|
3. Dalam pendekatan kontekstual tugas guru adalah
...
a. Mengajar . .~
Mengarahkan b. Mernberi tugas d. Menginstruksi
4. Landasan filosofi pendekatan
kontekstual
adalah konstruktivisme yang menekankan
bahwa
...
a. Belajar
perlu tempat yang edukatif
b. Belajar
dengan
media secara
lengkap
,,,K-! Belajar dengan mengalami
dan tidak
sekedar menerima
d. Belajar
perlu
dengan menghafal
5. Ciri kelas yang menggunakan
pendckaran
CTL adalah sebagai
berikut, kccuali ... a. Sharing
dengan
ternan c. Guru kreatif
b. Pengaiaman nyata .%,
Menggunakan
satu sumber
6. Ada tujuh komponen penting dalam CTL (Konstruktivisme,
Bertanya, Inquiri /penemuan, Masyarakat belajar, Pernodalan, Refleksi,
Pelatihan)
diantaranya
adalah .. ; kecuali;
a. Masyarakat
belajar c. Inquiri
b. Konstruktivisme fi Menyenangkan . . .
7. Surnber belajar bukan hanya
guru tetapi dapat berasal dad siswe,
pakar dan luar, dan Internet ..
konsep terse
but dalam CTL disebut ... -. .
/. Masyarakat belajar c .. Inquiri
b. Konstruktivisme d. Menyenangkan
8. Penilaian.hasil belajar siswa didasarkan pada karya dan tugas siswa, kemampuan dalam proses
pernbelajaran dan hasil post test di sebut ...
a. Masyarakat
belajar ...e: Authentik asesmen
b. Konstruktivisme d. Menyenangkan
9. Konsep rnelibatkan siswa perlu
dalam menyusun topic/masalah
bahan diskusi.untuk pembelajaran dalarn CTL discbut
. ;'.
.
/0' Masyarakat
belajar c. Authentic asesmen
.b. Konstruktivisme d. Menyenangkan
10. Siswa lebih mengingat
apa yang dikeriakan dan pada
apa yang didengarkan, motto
tersebut cocok
dalarn model pembelajaran ...
a. Terpadu
)l(
CTL
b. Kuanturn
d.
Kooperatif
II. Ccoperatif Learning merupakan pendekatan
pembelajaran
yang memfokuskan
pada
...
a. Diskusikelas c. Penerapan fleldtrip
. X Belajar dalam
kelornpok kecil d.
Real
world learning .
12. Interaksi tatap
muka dalam
kelompok pada
tiap pembelajaran sangat.penting
untuk meuumbuhkan suasana .,.
r,o, Kond.usif
c.
Tenang
)(. Dialog
antar siswa d. Aktif
13. Berikut ini acalah
elemea-elemeni pembelajaran kooperatif'kecuali ... a. Ketergantungan positif c. Akuntabilitas individual
b. -Tnteraksi tatap muka' . fi Cooperative Learning'. . '
14. Metode
st~u~tural dalarn pembelajaran
kooperatif
dirancang untuk
mempengaruhi pola-pola ...
a. Kreasi
siswa c.. Paktual siswa
X'
Interaksi siswa d. Aktif
siswa
15. ~e~l~ian ~elompok
yang didasarkan atas rata-rata penugasan semua
anggota kelompok secara
individu disebut ....
.
-
a.
|
Interpersonal relationship
|
. /.
|
|
Akuntabilitas individual
|
b.
|
Individu result
|
|
d.
|
Home teams
|
,.J:?: 6. Kelebihan kelompok belajar kooperatif disbanding kelompok belajar 1r~sionaf adaJah ...
( Y. Tidak a~a si.swa yang mendominasi kelornpok etau menggantungkan diri dalam kelompok
b. Tugas
dikerjakan
salah seorang anggota kelompok .
. c.
Kelornpok belajar biasanya homogen d. Hubungan antar
pribadi bersifat semu
17. Pembentukan kelompok belajar dalam pembelajaren kooperatifharus bersifat ...
. ,/C Hiterogen . c.
Tetap
b. Homogeny
d.
Tertutup
..
18. Metcde group
Investigation
menuntut
siswa memiliki
kemampuan ...
a. Interpersonal relationship r: Group proses performance / skill
b. Membentuk kelompok pakar d.
Memiliki
kelompok semula
19. Berikut ini keuntungan pembelajaran
kooperatif,
kecuall
".
a. Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan social
b. Mernudzhkan siswa
melakukaa periyesuaian social
y. Menghilangkan sifat mementingkan diri sendiri atau egois
d. Mengembangkan nilai-nilai social dan kornitmen
20. Yang di maksud denga expertgroup pada metode Jigsaw
adalah ...
a.
|
Ketua dari
setiap kelompok .
|
c.:
|
Kelompok
|
independen yang
menjadi penengah
|
X
|
Kelompok pakar dan perwakilan
tiap kelompok
|
d.
|
Kelompok
|
yang bersifat pro terhadap permasalahan
|
21. Pada awal
perkernoangannya pernbelajaran
kuantum
dimaksudkan un:tuk ...
a. .Mengajar yang menyenangkan .
b. Memilih
strategi pembelajarau di sekolah
L Meningkatkan keberhasilan hidup dan karir remaja di rumah
d. Menarik
perhatian
siswa dalarn
belajar
22. Pembelajaran kuanturn memberikan tekanan pada pentingnya
hal-hal
berikut, kecuali ... a. lnteraksi
c.
Kebenaran
)~ Frekuensi
d.
Personalitas
23. Pernbelajara kuantum berpangkal pada ...
a. Psikomotorik . c. Fisika
kuantum
. b.
Taksonorni Bloom . f. Pslkologi kognitif .
24. Dalam kuantum teaching guru menggunakan bahan audio visual
yang mendekati realitas dengan
tuj uan utrunanya
adalah
...
jJ:. Agar siswa selalu
tertarik terhadap mata pelaharan yang
diajarkan - b. Untuk menutupi kekurangan penguasaan
materi .
c.
Memberikan
pengalaman belajar
yang banyak dengan
cara sedikit
d. Membcrikan kenyarnanan dalam l)BM
.
25. Gum rnenerapkan peta konsep
di depan kelas hal pertama yang harus dilakukan adalah ... a. Menulis kata kunci· c. Membuat
garis-garis cabang
J,:'
Menulis
tema pokok d. Menulis sub gagasan
26. TANDUR (Tumbuhkan, Alami,
Namai, Demonstrasikan,
Ulangi, dan Rayakan) rnerupakan
konsep dasar dalarn
pernbelajaran ...
a. Terpadu c. CTL
Y. Kuantum
d.
Kooperatif
27. Peta konsep dikernbangkan berdasarkan kerja otak untuk mengingat informasi dalam bentuk '"
.;r. Simbul/gambar c. Parsiai
b. Suara rnisik d. Perasaan
28. "Mejikuhibiniu" adalah
salah sam teknik
pembelajaran penguatan memori dalam model
pembelajaran .. ,
. . .
a. coopertif learning "e-: Namai
b. . CTL
d.
Terpadu
29. Dalam pernbelajaran kuantum dinyatakan,
belajar akan lebih berhasiljika sesuai.dengan kerja otak, oleh kar~na itu i~orm~i
p~rlu
di~ajikan sepe:cti
bentuk di bawah ini, kecuali ...
a. Gambar hidup/gambar tiga dimensi
,Ii!:' Berlebihan/tidak masuk
akal
b. Lucu
d.
Tal<berwama
30. Pada penggunaan peta konsep, otak
dipandang sebagai ...
a. Cabang pohon /. Hutan
raya
b. Ranting
phon d. DahM
pohon
I'"
// . 31. lntegreted kurikulum rnerupakan knrikulum dengan memusatkan
pada ...
(' .7-
Toplc/terna tertentu
yang rnemerlukan pemecahan dengan bahan dan berbagai
macam
mata
pelajaran yng diperlukan
b. Penggabungan dua mata pelajaran yang mempunyai hubungan erat
c. Hasil kebudayaan dan pengetahuan umat
manusia selama
berabad-abad d. Penyusunan pengetahuan secara legis dan sistematis
32. Pembelajaran IPS terpadu
dapat dikembangkan dengan model berikut, kecuali ...
a.
|
Fragmented model
|
c.
|
Intetrated model
|
b.
|
Nested model.
|
~.
|
Group investigation
|
33. Melalui
pembelajaran terpadu,
keuntungan pokok yang dirasakan siswa adalah
...
a. Hasi
ltransfer
pengetahuan
dan guru ke siswa
,h:" Pengalarnan langsung untuk
mcrnproduksi kesan-kesan tentang hal-hal
yang dipelajarinya c. Mengerti
makna
belajar
dan manfaatnya .
d. Menghafalkan fakta-fakta pengetahuan pada diri siswa
34. Pendekatan pembelajaran terpadu di SMP yang membutuhkan waktu
panjang adalah dengan care
y. Merumuskan pokol:
bahasan yang
berkaitan dengan konsep materi berbagai
disiplir. ilmu b.. Mengarnbil satu
disiplin ilmu
sebagal sumber materi
utama .
c. Mencari pokok buhasan tiap
disiplin ilmu
dengan merubah urutan pokok
materi
d.· Merurnuskan konsep yang sama pada tiap disiplln ilmu
e. Melakukan
fusi konsep
materi dari berbagai
disiplin ilmu
35. Tema permukirnan kumuh dapat dipelajari dari bebarapa konsep
ilmu geografi, sosiologi, ekonomi, dan sejarah.
Contoh
tema tersebut
merupakan model
pembelajaran terpadu berdasarkan
,
a. Topic
~
Permasalahan
b. Potensi
utama d. Pokok bahasan
36. Pulau Bali sebagai daerah wisata dikaji
dan factor warn, social, historis adalah.contoh
pembelajaran terpadu yang mengarnbil tema berdasarkan ... '
a. Topic
K. Potensi utama
b. Pokok
bahasan d. Permasalahan
37. Prioritas pertama yang harus dilakukan
pada penyusunan rene ana pembelajaran terpadu adalah
...
a. Penentuan topic /. Pemetaan kopetensi dasar
b. Penjabaran kopentensi dasar d.
Pengernbangan silabus, penyusunan RPP
38. Tema "Pariwisata" dapat
dikembangkan melalui teknik Integrasi berdasarkan
...
/. Topic,
c.
Permasalahan, kasus b. Potensi utama d. Pokok
bahasan
39. Berikut ini langkah-langkah menyusun perencanaan pembelajaran terpadu, kecuali
...
a. Pernetaan kornpetensi dasar ,rY. Pembuatan
matriks .
b. Penyusunan desain
pembelajaran d. Penentuan topic
40. Beriku.t ini adalah
model ya?g dapat dikembangkan dalam pendekatan pembelajaran terintegrasi,
kecuali ...
. .
a.
|
Fragmented
|
c. Share
|
·b.
|
Nested
|
%. Inquiry
|
41. Zone of proximal
development adalah konsep optimalisasi kemampuan
siswa melalui interuksi
social
dengan
orang hun yang memacu pengonstruksian ide-ide barn dan meningkatkan perkernbangan intelekrual pelajar, konsep inl dikemukakan oleh ...
a. Jhon Dewey ,. Vycotsky
b. Jarome
Bruner
|
d. Bromley
|
|
42. Konsep
menyodorkan
|
berbagai situasi yang membingungkan
|
kepada siswa dan.mendorong
|
mereka untuk mcnyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dari strategi
... . a.
Juscovery learning ;Rf': Inquiri learning .
b. . Indulctifleaming d. Cooperative learning .
43. Dibawah ini merupakan
tujuan
dari pembelajeran berbasis masalah, kecuali '"
a. Meningkatkan ketrampilan intelektuaI dan investigative
b. Meningkatkan kemampuan berfikir holistic
,
/' Memahami
peran orang dewasa
d.
Membantu siswa
untuk rnenjadi pelajar
yang mandiri
44. Tingkat perkembangan belajar yang dapat difungsikan atau dicapai oleh
individu dengan. bantuan
|
"
45. Langkah
awal dalam pelaksanaan
PBL adalah ...
7- Memberikan orientasi tentang permasalahannya kepada siswa
b. Mengorganisasikan diri untuk meneliti
c. Investigasi
mandiri
dan kelompok
d. Pengembangan ide
dan rnempresentasikan Iaporan hasil penyelidikan:
46. Metode rnengajar dibawah ini paling cocok digunakan
dalam model PBL
'
a. Ceramah c. Tanyajawab
b.
Demonstrasi ~
Proyek
47. Guru rnembantu siswa
untuk rnelakukan refleksi terhadap
investigasinya dan proses-proses
mereka gunakan, adalah aktivitas
gum
pada tahap ...
pada model PBL. '
a. Ke-satu
c.
Ke-tiga
b. Ke-dua
,.,cY. Ke-empat
48. Dibawah ini yang rnerupakan syarat-syarat perumusan masalah
yang baik dalam PBL, kecuali
...
8.. Autentik '
,.K. Cakuprumya sempit
b. Menciptakan misteri atau tcka ..teki d.
Sesuai
dengan tingkat perkembangan
49. Dibawah ini rnerupakan pertanyaan pembelajaran
yang dapatdijadikan masalah dalam model PBL
a. Jelaskan
factor-faktor
yang mendorong terjadinya longsor lahan
b. Coba analisis kecarnatan mana saja yang potensial
menjadi
daerah tujuan wisata
di kab.
Karanganyar?
/. Bagairnana
mengatasi
kerniskinan
di perkotaan
d. Tenrukan
daerah
paling tepat
untuk. tempat pembuangan akhir (TPA) sarnpah di kota Solo
50. Ada beberapa bentuk
evaluasi
dibawah
ini yang lebih cocok dalam model PBL, kecuali ... a. . Assessment performance c. Asesment autentik
b. Assessment portofolio
;Y. Asesment tradisional
Pilih A:
Bile. no 1 dan 2 benar
C : Bila no :2 dan 3 benar
B: Bila no 1 dan 3 benar
D: Dial
sem ua ber ar
51. Dalam pemilihan
media,
factor yang perlu dipertimbangkan adalah ... "
/( 1) TtU uan pembelajaran
«1) Pebelajar, \)
vtJ) Biaya "..../
52. Pemilihan media dengan model terbuka lebih dapat dipercaya
karena ...
|
(2) Bersifat intuitif
.v'(3) Dilakukan desainer -
53. Prinsip kesederhanaan dalam pembuatan media adalah ...
|
(2) Tulisan artistic
V
(3) Ide tergambar jelas .-
54. Ley Out dalam pembuatan
media
grafis adalah ... (1)
Garis
besar isi gambar
.
v (2) Tata letak gambar
Y' (3) Susunan gambar
\_-
55. Keseimbangan formal dalam pembuatan media
ditunjukan dengan bentuk ...
|
(2) Simetris
v(S) Diagonal -
56. Tekstur dapat dipakai
sebagai
...
|
1(2) Pengganti penekanan
(3) Pengganti
bahan
, -
,/ .:
,-
-: 1) J arak tak terlampau
luas It
57. Lay Out transparansi sebaixnya ...
/""-((2 D))Bahaerahdtra:nbsPtkarw.Udl1~i en gdaunng satu ide _,
3 an an
1. u IPm. da
he traknsparan
58. Dalam persiapan penggunaan media
elektronik, hal-hal
yang
perlu
diperhatikan adalah
...
v( 1) Merneriksa voltase listrik
v(2) Mempelajari petunjuk penggunaan
(..(3) Pengaturan
ruang
59. Pada pelaksanaan penggunaan media, perlu diperhatikan
bahwa
...
|
(~) Guru tidak menyelbgi
pertanyaan -
.,.
v{3) Pcbelajar tidak rnenulis di ruang yang digelapkan :-
60. Menurut
model
ASSURE
sebelum
rnemilih media, guru perlu ...
t/( 1)
Mengidentivikasi keadaan awal pebelajar
./(2) Merumuskan tujuan
})'
V(3) Mernilih
mated
yang berg-una ./
Kunci Jawaban
1. B
31. A
2. C 32. D
3. C
33. B
4. C
34. A
5. D
35. C
6. D
36. C
7. A
37. C
8. C
38. A
9. A
39. C
10. C
40. D
11. B
41. C
12. B
42. C
13. D
43. C
14. B
44. D
15, C
45. A
16. A
46.
D
17. A
47. D
18. C
48; C
19. C 49. C
20. B
50. D
21. C
51.
0
22. B 52. B
23. D
53.
B
24. A
54. C
25. B
55. B
26. B
56. A
27. A
57. A
28. C
58. D
29. C 59. B
30. e 60. D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar