Jumat, 25 Agustus 2017

MODEL·MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF



'.v,...·                                                                                                                                                                                                    @-


1.   Pernbelajaran   kontekstual  rnerupakan  konsep belajar yang mendorong  guru untuk  ... a.    Mengajarkan   dengan  berbagai  media pada saat bersamaan
y.  Menghubungkan materi dan suatu permasalahan
c.     Melakukan  kolaborasi  berbagai disiplin  ilmu
d.    Mengembangkan   mated  dari suatu permasalahan
2.   Berikut  ini adalah cirri-ciri  pendekatan  CTL, kecuali  ...
a.
Belajar  berdasarkan  pengalarnan
/.       Berpusat pada guru
b.
Berpikir  tingkat  tinggi
d.    Siswa kritis dan kreatif
3.   Dalam  pendekatan  kontekstual  tugas guru adalah  ...
a.     Mengajar                                            .    .~     Mengarahkan b.     Mernberi  tugas                                         d.    Menginstruksi
4.   Landasan  filosofi  pendekatan  kontekstual  adalah konstruktivisme  yang menekankan  bahwa  ...
a.     Belajar  perlu tempat  yang edukatif
b.    Belajar  dengan  media secara lengkap
,,,K-!       Belajar  dengan  mengalami  dan tidak sekedar menerima
d.    Belajar  perlu  dengan menghafal
5.   Ciri kelas  yang menggunakan  pendckaran  CTL adalah sebagai  berikut, kccuali  ... a.       Sharing  dengan  ternan                            c.    Guru kreatif
b.    Pengaiaman   nyata                             .%,   Menggunakan  satu sumber
6.   Ada tujuh  komponen  penting  dalam CTL (Konstruktivisme,  Bertanya, Inquiri /penemuan, Masyarakat   belajar,  Pernodalan,  Refleksi,  Pelatihan)  diantaranya  adalah .. ; kecuali;
a.     Masyarakat  belajar                                  c.    Inquiri
b.    Konstruktivisme                                      fi Menyenangkan                      .  .             .
7.   Surnber  belajar  bukan hanya guru tetapi dapat berasal dad  siswe, pakar dan  luar, dan Internet   ..
konsep  terse but dalam  CTL disebut  ... -.                               .
/.        Masyarakat   belajar                                  c ..   Inquiri
b.    Konstruktivisme                                        d.    Menyenangkan
8.   Penilaian.hasil   belajar siswa didasarkan  pada karya dan tugas siswa, kemampuan  dalam proses
pernbelajaran   dan hasil post test di sebut ...
a.    Masyarakat  belajar                                ...e:    Authentik  asesmen
b.    Konstruktivisme                                        d.    Menyenangkan
9.   Konsep  rnelibatkan  siswa perlu dalam menyusun  topic/masalah  bahan diskusi.untuk  pembelajaran dalarn CTL discbut  . ;'.                                                                              .
/0'   Masyarakat  belajar                                  c.    Authentic  asesmen
.b.    Konstruktivisme                                        d.    Menyenangkan
10. Siswa lebih mengingat  apa yang dikeriakan   dan pada apa yang didengarkan,  motto tersebut  cocok
dalarn model  pembelajaran   ...
a.    Terpadu                                                    )l(      CTL
b.    Kuanturn                                                   d.    Kooperatif
II.  Ccoperatif   Learning  merupakan  pendekatan  pembelajaran  yang memfokuskan  pada  ... a.     Diskusikelas                                              c.    Penerapan fleldtrip
.  X  Belajar  dalam kelornpok  kecil               d.    Real world learning                           .
12. Interaksi  tatap muka  dalam kelompok  pada tiap pembelajaran  sangat.penting  untuk meuumbuhkan suasana  .,.
r,o,      Kond.usif                                                  c.    Tenang
)(.      Dialog  antar siswa                                   d.    Aktif
13. Berikut  ini acalah  elemea-elemeni pembelajaran   kooperatif'kecuali ... a.       Ketergantungan positif                        c.   Akuntabilitas   individual
b.  -Tnteraksi tatap muka'                        .   fi Cooperative  Learning'.     .                           '
14. Metode  st~u~tural dalarn pembelajaran  kooperatif  dirancang untuk mempengaruhi  pola-pola  ...
a.    Kreasi siswa                                             c..  Paktual siswa
X'  Interaksi  siswa                                         d.    Aktif siswa
15. ~e~l~ian   ~elompok  yang didasarkan  atas rata-rata penugasan  semua anggota kelompok  secara individu  disebut  ....                                                                                   .    -
a.
Interpersonal  relationship
. /.

Akuntabilitas  individual
b.
Individu  result

d.
Home teams

,.J:?: 6. Kelebihan   kelompok   belajar  kooperatif   disbanding   kelompok   belajar  1r~sionaf     adaJah  ...
(        Y.  Tidak a~a si.swa yang mendominasi  kelornpok   etau menggantungkan  diri dalam kelompok
b.    Tugas  dikerjakan  salah seorang  anggota kelompok        .
. c.     Kelornpok  belajar biasanya  homogen d.          Hubungan  antar pribadi  bersifat semu
17. Pembentukan   kelompok  belajar dalam pembelajaren  kooperatifharus   bersifat  ...
. ,/C     Hiterogen                                   .         c.   Tetap
b.    Homogeny                                                 d.   Tertutup                                                 ..
18. Metcde  group  Investigation  menuntut  siswa memiliki kemampuan  ...
a.    Interpersonal   relationship                     r: Group proses performance  / skill
b.    Membentuk kelompok pakar               d.   Memiliki  kelompok semula
19. Berikut  ini keuntungan  pembelajaran  kooperatif,  kecuall  ". a.         Meningkatkan   kepekaan  dan kesetiakawanan  social
b.    Mernudzhkan   siswa melakukaa  periyesuaian  social
y.  Menghilangkan sifat mementingkan diri sendiri atau egois
d.    Mengembangkan   nilai-nilai  social dan  kornitmen
20. Yang di maksud denga expertgroup pada metode Jigsaw adalah ...
a.
Ketua  dari setiap kelompok  .
c.:
Kelompok
independen  yang menjadi  penengah
X
Kelompok pakar dan perwakilan
tiap kelompok
d.
Kelompok
yang bersifat pro terhadap  permasalahan
21. Pada  awal perkernoangannya   pernbelajaran  kuantum  dimaksudkan un:tuk ...
a.    .Mengajar  yang menyenangkan                  .
b.    Memilih  strategi pembelajarau  di sekolah
L  Meningkatkan keberhasilan hidup dan karir remaja di rumah
d.    Menarik  perhatian  siswa dalarn belajar
22. Pembelajaran   kuanturn  memberikan  tekanan pada pentingnya  hal-hal  berikut, kecuali  ... a.         lnteraksi                                                     c.    Kebenaran
)~     Frekuensi                                                   d.   Personalitas
23. Pernbelajara kuantum berpangkal pada ...
a.    Psikomotorik                              .              c.   Fisika kuantum
.     b.    Taksonorni Bloom    .                           f. Pslkologi  kognitif                    .
24. Dalam  kuantum  teaching guru menggunakan  bahan audio visual yang mendekati  realitas  dengan
tuj uan utrunanya  adalah  ...
jJ:.    Agar siswa  selalu tertarik  terhadap  mata pelaharan  yang diajarkan   - b.       Untuk  menutupi  kekurangan  penguasaan  materi                     .
c.    Memberikan  pengalaman belajar yang banyak dengan cara sedikit
d.    Membcrikan   kenyarnanan  dalam l)BM                                                                                .
25. Gum rnenerapkan peta konsep di depan kelas hal pertama yang harus dilakukan adalah ... a.    Menulis kata kunci·                                c.   Membuat  garis-garis cabang
J,:'     Menulis  tema pokok                               d.    Menulis sub gagasan
26. TANDUR  (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan,  Ulangi, dan Rayakan) rnerupakan
konsep dasar dalarn pernbelajaran ...
a.    Terpadu                                                c.   CTL
Y.   Kuantum                                                    d.    Kooperatif
27. Peta konsep  dikernbangkan   berdasarkan  kerja otak untuk mengingat  informasi  dalam bentuk  '"
.;r.   Simbul/gambar                                          c.    Parsiai
b.     Suara rnisik                                              d.    Perasaan
28. "Mejikuhibiniu"    adalah salah sam teknik pembelajaran   penguatan  memori  dalam model
pembelajaran   .. ,                                                                                              .          .  .
a.    coopertif learning                               "e-:   Namai
b.   . CTL                                                           d.    Terpadu
29. Dalam  pernbelajaran  kuantum  dinyatakan,  belajar akan lebih berhasiljika   sesuai.dengan  kerja otak,  oleh kar~na itu i~orm~i    p~rlu di~ajikan sepe:cti bentuk di bawah ini, kecuali  ...
a.     Gambar  hidup/gambar  tiga dimensi    ,Ii!:'      Berlebihan/tidak  masuk akal
b.    Lucu                                                          d.    Tal<berwama
30. Pada  penggunaan  peta konsep,  otak dipandang  sebagai  ...
a.     Cabang pohon                                        /.       Hutan raya
b.    Ranting  phon                                           d.    DahM pohon

I'"

//     . 31. lntegreted  kurikulum rnerupakan knrikulum dengan memusatkan pada ...
('     .7-  Toplc/terna  tertentu  yang rnemerlukan  pemecahan  dengan bahan dan berbagai  macam  mata
pelajaran  yng diperlukan
b.    Penggabungan   dua mata pelajaran  yang mempunyai  hubungan  erat
c.     Hasil  kebudayaan  dan pengetahuan  umat manusia  selama berabad-abad d.    Penyusunan   pengetahuan  secara legis dan sistematis
32. Pembelajaran   IPS terpadu  dapat dikembangkan  dengan model berikut, kecuali  ...
a.
Fragmented  model
c.
Intetrated model
b.
Nested  model.
~.
Group investigation
33. Melalui  pembelajaran terpadu, keuntungan pokok yang dirasakan siswa adalah ...
a.     Hasi ltransfer  pengetahuan  dan guru ke siswa
,h:"   Pengalarnan   langsung  untuk mcrnproduksi  kesan-kesan  tentang hal-hal yang dipelajarinya c.      Mengerti  makna  belajar  dan manfaatnya       .
d.    Menghafalkan   fakta-fakta  pengetahuan  pada diri siswa
34. Pendekatan   pembelajaran terpadu di SMP yang membutuhkan    waktu panjang adalah  dengan care

y.    Merumuskan   pokol: bahasan  yang berkaitan dengan konsep materi berbagai disiplir. ilmu b..      Mengarnbil  satu disiplin  ilmu sebagal sumber materi utama             .
c.     Mencari  pokok buhasan  tiap disiplin  ilmu dengan merubah  urutan pokok materi
d.·   Merurnuskan  konsep  yang sama pada tiap disiplln ilmu
e.     Melakukan  fusi konsep materi  dari berbagai disiplin  ilmu
35. Tema  permukirnan  kumuh  dapat dipelajari  dari bebarapa  konsep ilmu geografi,  sosiologi, ekonomi,   dan sejarah.  Contoh  tema tersebut merupakan  model pembelajaran  terpadu  berdasarkan
,

a.    Topic                                                   ~     Permasalahan
b.    Potensi  utama                                           d.    Pokok bahasan
36. Pulau  Bali sebagai  daerah  wisata dikaji dan factor warn, social, historis adalah.contoh
pembelajaran   terpadu  yang mengarnbil  tema berdasarkan  ...                                 '
a.    Topic                                                        K. Potensi utama
b.    Pokok  bahasan                                         d.    Permasalahan
37. Prioritas  pertama  yang harus dilakukan  pada penyusunan  rene ana pembelajaran  terpadu adalah  ... a.           Penentuan  topic                                     /.       Pemetaan kopetensi dasar
b.    Penjabaran  kopentensi  dasar                 d.    Pengernbangan  silabus, penyusunan  RPP
38. Tema  "Pariwisata"   dapat dikembangkan  melalui teknik Integrasi  berdasarkan  ...
/.                  Topic,                                                        c.    Permasalahan,  kasus b.    Potensi  utama                                           d.    Pokok bahasan
39. Berikut  ini langkah-langkah menyusun  perencanaan   pembelajaran  terpadu, kecuali  ... a.    Pernetaan  kornpetensi  dasar                 ,rY.   Pembuatan  matriks                        .
b.    Penyusunan   desain pembelajaran       d.    Penentuan topic
40. Beriku.t ini adalah  model ya?g dapat dikembangkan  dalam pendekatan  pembelajaran  terintegrasi,
kecuali ...                                                           . .
a.
Fragmented
c.    Share
·b.
Nested
%.   Inquiry
41. Zone of proximal   development  adalah konsep optimalisasi  kemampuan  siswa melalui  interuksi
social  dengan  orang hun yang memacu  pengonstruksian  ide-ide barn dan meningkatkan perkernbangan   intelekrual  pelajar,  konsep inl dikemukakan   oleh ...
a.     Jhon  Dewey                                            ,.       Vycotsky
b.    Jarome  Bruner
d.    Bromley

42. Konsep  menyodorkan
berbagai situasi yang membingungkan
kepada siswa dan.mendorong
mereka  untuk mcnyelidiki,  mencari  jawabannya adalah  konsep dari strategi  ...          . a.     Juscovery  learning                                 ;Rf':     Inquiri learning               .
b.   . Indulctifleaming                                        d.    Cooperative  learning    .
43. Dibawah  ini merupakan  tujuan  dari pembelajeran  berbasis masalah,  kecuali  '" a.           Meningkatkan   ketrampilan  intelektuaI  dan investigative
b.    Meningkatkan   kemampuan  berfikir holistic   ,
/'        Memahami  peran orang dewasa
d.     Membantu  siswa untuk rnenjadi pelajar yang mandiri

44. Tingkat  perkembangan    belajar  yang dapat difungsikan  atau dicapai  oleh individu  dengan. bantuan
a.
A wal
c.
Final
b.
Actual
%.
Potensial

 
(                  orang  lain rnenurut  Vygotsky  (1978) disebut dengan, tingkat perkembangan   ...
"

45. Langkah  awal dalam pelaksanaan  PBL adalah  ...
7-  Memberikan   orientasi  tentang permasalahannya  kepada siswa
b.    Mengorganisasikan diri untuk meneliti
c.     Investigasi  mandiri  dan kelompok
d.    Pengembangan   ide dan rnempresentasikan  Iaporan hasil penyelidikan:
46. Metode  rnengajar  dibawah  ini paling cocok digunakan  dalam model PBL  '
a.    Ceramah                                               c.   Tanyajawab
b.     Demonstrasi                                            ~       Proyek
47. Guru rnembantu   siswa untuk rnelakukan  refleksi terhadap investigasinya  dan proses-proses mereka  gunakan,  adalah  aktivitas  gum pada tahap  ... pada model PBL.  '
a.    Ke-satu                                                 c.   Ke-tiga
b.    Ke-dua                                                      ,.,cY.       Ke-empat
48. Dibawah  ini yang rnerupakan  syarat-syarat  perumusan  masalah  yang baik dalam PBL, kecuali  ...
8..        Autentik                                              '   ,.K.    Cakuprumya sempit
b.    Menciptakan   misteri  atau tcka ..teki      d.    Sesuai dengan tingkat perkembangan
49. Dibawah  ini rnerupakan  pertanyaan  pembelajaran  yang dapatdijadikan  masalah  dalam model  PBL

a.    Jelaskan  factor-faktor  yang mendorong  terjadinya  longsor lahan
b.    Coba  analisis  kecarnatan  mana  saja yang potensial  menjadi  daerah tujuan  wisata di kab.
Karanganyar?
/.        Bagairnana  mengatasi  kerniskinan  di perkotaan
d.    Tenrukan  daerah  paling tepat untuk. tempat pembuangan  akhir (TPA) sarnpah di kota Solo
50. Ada beberapa  bentuk  evaluasi  dibawah  ini yang lebih cocok dalam model PBL, kecuali  ... a.  . Assessment  performance                        c.    Asesment  autentik
b.    Assessment portofolio                        ;Y.  Asesment tradisional


Pilih       A:   Bile. no  1 dan 2 benar
C  :  Bila no :2  dan 3 benar

B:   Bila no 1 dan 3 benar
D:   Dial sem ua ber ar


51. Dalam  pemilihan  media,  factor yang perlu dipertimbangkan  adalah  ...     "
/(  1)  TtU uan pembelajaran
«1)   Pebelajar,               \)
vtJ)   Biaya                    "..../
52. Pemilihan media dengan model terbuka lebih dapat dipercaya  karena  ...
F~
 
v(1)   Lebih  analitis
(2)  Bersifat  intuitif
.v'(3)  Dilakukan  desainer       -
53. Prinsip kesederhanaan dalam pembuatan media adalah ...
E)
 
1"(1)       Mudah  dipahami
(2)  Tulisan  artistic
V (3)  Ide tergambar  jelas     .-
54. Ley Out dalam pembuatan  media  grafis adalah  ... (1)   Garis besar isi gambar           .

v (2)   Tata letak gambar
Y'  (3)   Susunan  gambar

\_-

55.  Keseimbangan formal dalam pembuatan media ditunjukan   dengan bentuk ...
E>
 
v' (1)   Dinamis                                                          .
(2)   Simetris
v(S)    Diagonal                        -
56.  Tekstur   dapat  dipakai   sebagai   ...
A
 
11'(1)        Pengganti  warna

1(2)   Pengganti  penekanan
(3)   Pengganti  bahan

, -
,/ .:
,-

-: 1)  J arak tak terlampau luas                               It

57. Lay Out transparansi  sebaixnya  ...

/""-((2 D))Bahaerahdtra:nbsPtkarw.Udl1~i  en  gdaunng  satu   ide      _,

3       an   an   1.      u   IPm. da

he traknsparan

58.  Dalam   persiapan    penggunaan    media   elektronik,    hal-hal   yang perlu   diperhatikan      adalah    ...
v( 1)  Merneriksa  voltase  listrik

v(2)   Mempelajari   petunjuk penggunaan
(..(3) Pengaturan  ruang
59. Pada  pelaksanaan   penggunaan  media, perlu diperhatikan  bahwa  ...
-]3
 
V'( 1)  Guru tidak mernbelakangi  pebelajar
(~)   Guru tidak menyelbgi  pertanyaan           -

.,.

v{3)   Pcbelajar  tidak rnenulis  di ruang yang digelapkan      :-
60. Menurut  model  ASSURE  sebelum  rnemilih media, guru  perlu  ...
t/( 1)  Mengidentivikasi   keadaan  awal pebelajar
./(2)    Merumuskan   tujuan                                      })'
V(3)    Mernilih    mated   yang berg-una                       ./

Kunci  Jawaban

1.      B                                                                31.  A
2.      C                                                                       32.  D
3.      C                                                                33.  B
4.      C                                                           34.  A
5.     D                                                                        35. C
6.     D                                                                        36. C
7.     A                                                          37. C
8.      C                                                           38. A
9.     A                                                          39. C
10.   C                                                          40.  D
11.  B                                                           41. C
12.   B                                                          42. C
13.  D                                                                        43. C
14.   B                                                          44. D
15,  C                                                          45.  A
16.    A                                                                       46.  D
17.  A                                                          47. D
18.    C                                                          48; C
19.    C                                                                49. C
20.   B                                                          50. D
21.    C                                                                       51.  0
22.   B                                                           52. B
23.   D                                                                53.  B
24.   A                                                                54. C
25.   B                                                                55. B
26.    B                                                           56. A
27.   A                                                                        57. A
28.   C                                                                58. D
29.   C                                                           59. B
30.    e                                         60.  D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar