Pilihlah
jawaban yang paling benar !
1.
Materi yang
diajarkan oleh guru hendaknya cukup memadai dalam membantu
pesertadidikmenguasai kompetensi. Hal ini merupakan salah satu prinsip
pengembangan materi pembelajaran, yaitu …..
a. Adequacy
b. Konsistensi
c. Relevansi
d. Sistematis
e. Komprehensif
2. Standar kompetensi dan kometensi dasar merupakan lampiran dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor …..
a. 22 tahun 2006
b. 23 tahun 2006
b. 23 tahun 2006
c.
24 tahun 2006
d.
19 tahun 2007
e.
20 tahun 2007
3. Perhatikan kegiatan-kegiatan berikut !
1) Analisis SK dan KD
2)
Pengembangan RPP
3)
Penyusunan soal ulangan harian
4) Pengembangan silabus
4) Pengembangan silabus
Kegiatan yang sebaiknya dilakukan
oleh MGMP sekolah adalah …..
a. 1
dan 2
b. 1
dan 3
c. 1
dan 4
d. 2
dan 3
e. 2
dan 4
4.
Standar kompetensi dan kometensi
dasar merupakan lampiran dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor …..
a.
22 tahun 2006
b. 23
tahun 2006
c.
24 tahun 2006
d. 19
tahun 2007
e.. 20
tahun 2007
5. Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 adalah kompetensi …..
a. Kepribadian,
pedagogik, professional, dan manajerial
b. Kepribadian,
pedagogik, professional, dan sosial
c.
Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan
d. Pedagogik,
professional, manajeria, dan sosiall
e. Pedagogik,
kewirausahaan, professional dan social
6. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam …..
a. SKL
mata pelajaran dan SKL satuan pendidikan
b. SKL
mata pelajaran dan SKL Standar Kompetensi
c.
Kompetensi Dasar dan SKL mata pelajaran
d. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
e. Standar
Kompetensi dan SKL satuan pendidikan
7. Penilaian acuan keriteria yaitu penilaian yang menggunakan …..
a. Kurva normal untuk menentukan ketuntasan peserta didik
b. Nilai rata-rata untuk menentukan ketuntasan belajar
c. Patokan tertentu dalam menentukan ketuntasan peserta didik
d. Konversi nilai untuk mencapai ketuntasan belajar
e. Trik-trik tertentu untuk menentukan ketuntasan belajar
8. Sebagai seorang guru, perubahan pola piker apakah yang perlu anda lakukan ?
a. Memfokuskan
pembelajaran dengan memberikan banyak latihan
b. Menempatkan
peserta didik sebagai arsitek pembangunan gagasan
c.
Meningkatkan peran peserta didik sebagai konsumen gagasan
d. Menentukan
standar kompetensi dan kompetensi dasar
e. Membuat
perencanaan pembelajaran yang sangat rinci.
9. Apa yang seharusnya dilakukan sebagai hal terpenting pada tahap awal (pendahuluan) kegiatan pembelajaran ?
a. Bertanya
kepada siswa “sampai dimana pelajaran kita minggu lalu?”
b. Menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran
c. Mengabsen
dengan memanggil nama siswa satu per satu
d. Memeriksa
apakah siswa telah mengerjakan pekerjaan rumah
e. Memotivasi
peserta didik agar siap mengikuti pelajaran
10. Berdasarkan standar sarana dan prasarana, kapasitas maksimal rombongan belajar untuk SMP dan SMA adalah …..
a.
40 peserta didik
b.
32 peserta didik
c.
27 peserta didik
d.
24 peserta didik
e.
20 peserta didik
11. Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
a.
No. 22 tahun 2006 tentang Standar
Isi
b.
No. 23 tahun 2006 tentang SKL
c. No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
d.
No. 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
e.
No. 41 tahun 2007 tentang Standar
Proses
12. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat guru dapat dipergunakan untuk....
a.
Satu kali pertemuan atau lebih
b.
Satu standar kompetensi atau lebih
c.
Satu kompetensi dasar atau lebih
d.
Satu indikator atau lebih
e.
Satu tema atau lebih
13. Jika anda diminta oleh kepala sekolah untuk melakukan supervisi akademik kepada salah seorang guru, apa yang seharusnya anda lakukan pada waktu pertemuan pasca observasi?
a.
Mendiskusikan langkah-langkah
kegiatan dan jenis alat peraga yang sebaiknya digunakan
b.
Memberitahu guru agar dapat mengajar
lebih baik dan tidak melakukan kesalahan lagi
c.
Meminta guru mengidentifikasi
kekurangan dan mengajukan alternative perbaikannya
d.
Mengamati kegiatan belajar mengajar
dan mencatat hal-hal yang perlu disampaikan
e.
Menyempurnakan perangkat
administrasi guru dan materi pokok yang akan diajarkan.
14. Salah satu upaya untuk mewujudkan kompetensi pedagogik yang dituntut dari seorang pendidik adalah …..
a.
Menampilkan diri sebagai pribadi
yang jujur dan berakhlak mulia
b.
Mematuhi tata tertib dan menjunjung
tinggi kode etik profesi pendidik
c.
Menumbuhkan budaya mutu di
lingkungan sekolah
d.
Melakukan tindakan reflektif untuk
meningkatkan pembelajaran
e.
Menjadi teladan bagi peserta didik
dan warga sekolah
15. Sebuah indicator berbunyi “siswa dapat mempraktekkan …..”. jenis penilaian yang sesuai untuk mengukur ketercapaian indicator tersebut adalah …..
a.
Tes tertulis
b.
Unjuk kerja
c.
Proyek
d.
Pilihan ganda
e.
Essay berstruktur
16. Sebuah KD, “menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh”. Kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam indicator pencapaian KD tersebut antara lain …..
a.
Menjelaskan, membuktikan, dan menafsirkan
b.
Menyebutkan, menunjukkan, dan
menjelaskan
c.
Menjelaskan, mengatur, dan merangkai
d.
Mengingat, menerapkan, dan merancang
e.
Membuktikan, membedakan, dan
mengkritik
17. Salah satu bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan adalah pembelajaran tema, maksudnya adalah …..
a.
Pembelajaran hanya dilakukan untuk
kompetensi yang belum dikuasai siswa
b.
Peserta didik belajar tentang suatu
tema yang diminati secara mandiri
c.
Memadukan kurikulum dalam tema besar
dengan menghubungkan berbagai disiplin ilmu
d.
Pembelajaran dilaksanakan secara
klasikal pada jam-jam pelajaran sekolah
e.
Pelaksanaan pembelajaran dibatasi
pada tema-tema tertentu yang esensial
18. Perhatikan pernyataan berikut :
1)
SKL ujian nasional
2)
SKL ujian sekolah
3)
SKL mata pelajaran
4)
SKL satuan pendidikan
5) SKL kelompok mata pelajaran
Standar
kompetensi lulusan yang terdapat dalam Permendiknas No. 23 tahun 2006 meliputi
:
a.
1), 2), dan 3)
b.
1), 2), dan 5)
c.
2), 3), dan 4)
d.
2), 4), dan 5)
e.
3), 4), dan 5)
19. Sebuah indicator memiliki kriteri kompleksitas tinggi, daya dukung tinggi dan intake sedang, apabila penetapan KKM menggunakan poin/skor, maka KKm indicator tersebut adalah …..
a.
89
b.
78
c.
67
d.
56
e.
44
20. Komponen silabus mencakup semua ranah (kognitif, psikomotor, afektif), hal ini merupakan salah satu prinsip pengembangan silabus, khususnya ….
a.
Ilmiyah
b.
Relevan
c.
Sistematis
d.
Menyeluruh
e.
Konsisten
21. Berikut ini adalah silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan, kecuali….
a.
Silabus mata pelajaran yang SK dan
KDnya dikembangkan pusat
b.
Silabus mata pelajaran tambahan yang
dilaksanakan sekolah
c.
Silabus muatan local yang SK dan
KDnya dikembangkan oleh sekolah
d.
Silabus kegiatan pengambangan diri
yang dilaksanakan oleh sekolah
e.
Silabus semua mata pelajaran yang
dilaksanakan satuan pendidikan
22. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat kepada peserta didik untuk memotivasi, mengembangkan kreatifitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian dan mendorong semangat belajar. Hal ini merupakan salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan RPP. Prinsip tersebut adalah ….
a.
Mendorong partisipasi aktif peserta
didik
b.
Memperhatikan perbedaan individu
peserta didik
c. Kebermanfaatan bagi peserta didik
d.
Ketercapaian kompetensi bagi peserta
didik
e.
Memberi umpan balik dan tindak
lanjut pada peserta didik
23. Kejelasan informasi dalam bahan ajar cetak merupakan salah satu criteria pada komponen …..
a.
Kegrafikan
b.
Kebahasaan
c.
Kebenaran isi
d.
Penyajian
e.
kebermanfaatan
24. Pak Riko guru TIK mengajarkan langkah-langkah mengirimkan e-mail. Materi pelajaran yang dikembangkan pak Rico tersebut termasuk dalam kategori materi…..
a.
Konsep
b.
Fakta
c. Prinsip
d.
Prosedural
e.
Pilihan
25. Jumlah maksimal rombongan belajar pada satuan pendidikan tertuang dalam ….
a.
Standar Proses
b.
Standar sarana dan prasarana
c.
Standar pengelolaan
d.
Standar Pembiayaan
e.
Standar Pelaksanaan Pembelajaran
26. Contextual teaching and learning (CTL) adalah salah satu pendekatan yang sangat dianjurkan dalam proses pembelajaran. Salah satu komponen dalam CTL adalah …..
a.
Teaching community
b.
Learning community
c.
Student community
d.
Team community
e.
Asking community
27. Harapan yang ditumpukan pada peserta didik melalui implementasi muatan lokal, diantaranya agar peserta didik dapat ….
a.
Bebas memilih lingkungan social dan
budaya yang ada
b.
Berinteraksi dengan seluruh suku dan
budaya yang ada di Indonesia
c.
Mantap menyongsong masa depan sesuai dengan
karakternya
d.
Melanjutkan ke jenjang yang lebih
tinggi dengan bekal keterampilan
e.
Menjadi lebih akrab dengan
lingkungan alam, social dan budaya daerah.
28. Penambahan empat jam pembelajaran per minggu dalam struktur kurikulum seharusnya dilakukan …..
a.
Untuk mata pelajaran yang di UN kan
b.
Pada mata pelajaran yang memerlukan
praktik
c.
Melalui analisis kondisi masyarakat dan
lingkungan
d.
Dengan memperhatikan standar proses
e.
Melalui analisis standar isi, SK,
dan KD
29. Jika seorang pendidik ingin mengukur ketuntasan seorang peserta didik pada saat proses belajar mengajar, maka yang menjadi acuannya adalah …..
a.
Penguasaan materi pokok
b.
Kompetensi yang tertuang pada KD
c.
Kompetensi yang tertuang pada indicator
d.
Nilai akhir yang dicapai peserta
didik
e.
Kreatifitas peserta didik yang
variatif
30. Salah satu prinsip penilaian hasil belajar peserta didik adalah terpadu, maksudnya bahwa penilaian …..
a.
Didasarkan pada data yang
mencerminkan kemampuan yang diukur
b.
Didasarkan pada ukuran pencapaian
kompetensi yang ditetapkan
c. Dilakukan secara berencana dan bertahap mengikuti langkah
yang baku
d.
Merupakan komponen yang tidak
terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
e.
Mencakup semua aspek kompetensi
dengan menggunakan berbagai aspek yang sesuai.
31. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah....
a. impulsif (menuruti dorongan kata
hati)
b.
reflektif (berfikir kemudian
bereaksi)
c.
gaya berfikir-terikat
(field-dependent)
d.
gaya berfikir-bebas
(field-independent)
e.
ekstropet
32. Berikut adalah sumber daya pendukung yang harus dipertimbangkan untuk menentukan KKM, kecuali …..
a.
Dukungan komite sekolah
b.
Sarana dan prasarana
c.
Jumlah peserta didik
d.
Manajemen sekolah
e.
Ketersediaan tenaga pendidik
33. Berikut ungkapan yang sesuai dengan pelaksanaan Remedial Teaching adalah…..
a.
Dilakukan sesuai dengan jadwal yang
ditetapkan sekolah
b.
Dilakukan setelah pelaksanaan ujian
semester
c.
Nilainya tidak lebih dari nilai KKM
d.
Dilaksanakan untuk memperkaya
pengetahuan siswa
e.
Soal yang diujikan merupakan soal
yang telah diujikan sebelumnya
34. Pengembangan diri sebagai upaya pembentuak watak dan kepribadian serta pengembangan minat, bakat dan keunikan diri peserta didik dilakukan melalui kegiatan…..
a.
Pelayangan bimbingan dan konseling
dan kesiswaan
b.
Pelayangan bimbingan dan konseling
dan ekstra kurikuler
c.
Pelayangan bimbingan dan konseling dan
pembiasaan
d.
Kegiatan ekstra kurikuler dan
pembiasaan
e.
Kegiatan kesiswaan dan ekstra
kurikuler
35. Siswa-siswa yang peramah, penakut, teliti, mampu mengambil kesimpulan, jujur atau pendendam merupakan karakteristik dari ....
a. Sikap
b. Kepribadian
c. Temperamen
d. Sifat
e. Mental
36. Berikut merupakan komponen silabus, kecuali …..
a.
Standar kompetensi
b.
Kompetensi dasar
c.
Tujuan pembelajaran
d.
Kegiatan pembelajaran
e.
Materi pokok
37. Pelaksanaan kurikulum di daerah perlu mempertimbangkan hal-hal berikut, kecuali….
a. kesempatan guru dalam berimprovisasi dan berkreasi untuk
meningkatkan mutu pembelajaran
b. merancang program remedial, pengayaan, dan percepatan
belajar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa
c. pengembangan atau penyusunan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan
setempat
d. melakukan diversifikasi kurikulum sesuai dengan kemampuan daerah dan
permintaan orang tua
e. penilaian dilakukan dengan berpedoman pada acuan/kompetensi
38. Esensi dari pembelajaran remedial adalah …..
a.
Memberi perlakuan khusus kepada
peserta didik yang mengalami hambatan dalam belajar
b.
Melaksanakan tes ulang bagi peserta
didik yang belum tuntas dengan segera
c.
Memperbaiki nilai peserta didik yang
belum tuntas dengan memrikan tugas
d.
Memberikan tes kepada peserta didik
yang sudah tuntas untuk perbaikan nilai
e.
Memberikan penugasan terstruktur dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur sebelum tes ulang
39. Kegiatan pembelajaran dimana peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok dan ditanggapi kelompok lain disebut kegiatan …..
a.
Elaborasi
b.
Konfirmasi
c.
Eksplorasi
d.
Evaluasi
e.
Observasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar