Jumat, 25 Agustus 2017

soal ukg 4



 Pilihlah Salah satu jawaban yang paling benar !
1.    Sebagai seorang guru, perubahan pola fikir apakah yang perlu anda lakukan ?
a.         Memfokuskan pembelajaran dengan memberikan banyak latihan
b.         Menempatkan peserta didik sebagai arsitek pembangunan gagasan
c.         Meningkatkan peran peserta didik sebagai konsumen gagasan
d.         Menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar
e.         Membuat perencanaan pembelajaran yang sangat rinci.

2.    Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

3.Standar kompetensi dan kompetensi dasar merupakan lampiran dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor …..
a.    22 tahun 2006 
b.    23 tahun 2006
c.     24 tahun 2006
d.    19 tahun 2007
e.    20 tahun 2007


4.    Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk
tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai
pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor
d. psikologis
e. kepribadian

5.    Materi yang diajarkan oleh guru hendaknya cukup memadai dalam membantu peserta didik menguasai kompetensi. Hal ini merupakan salah satu prinsip pengembangan materi pembelajaran, yaitu ….. 
a.    Adequacy                                                       
b.    Konsistensi
c.    Relevansi
d.    Sistematis
e.    Komprehensif

                                                                 
6.Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 adalah kompetensi …..
a.    Kepribadian, pedagogik, professional, dan manajerial
b.    Kepribadian, pedagogik, professional, dan sosial
c.     Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan
d.    Pedagogik, professional, manajerial, dan sosiall
e.    Pedagogik, kewirausahaan, professional  dan social

7. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam …..
a.    SKL mata pelajaran dan SKL satuan pendidikan
b.    SKL mata pelajaran dan SKL Standar Kompetensi
c.    Kompetensi Dasar dan SKL mata pelajaran
d.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
e.    Standar Kompetensi dan SKL satuan pendidikan


8.    Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
a.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c. merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat
d. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui metode kualitatif atau kuantitatif.


9.Apa yang seharusnya dilakukan sebagai hal terpenting pada tahap awal (pendahuluan) kegiatan pembelajaran ?
a.Bertanya kepada siswa “sampai dimana pelajaran kita minggu lalu?”
b.Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
c.   Mengabsen dengan memanggil nama siswa satu per satu
d.Memeriksa apakah siswa telah mengerjakan pekerjaan rumah
e.Memotivasi peserta didik agar siap mengikuti pelajaran


10.  Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
a.No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
b.No. 23 tahun 2006 tentang SKL
c.   No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
d.No. 20 tahun 2007  tentang Standar Penilaian Pendidikan
e.No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses


11.  Jika anda diminta oleh kepala sekolah untuk melakukan supervisi akademik kepada salah seorang guru, apa yang seharusnya anda lakukan pada waktu pertemuan pasca observasi?
a.Mendiskusikan langkah-langkah kegiatan dan jenis alat peraga yang sebaiknya digunakan
b.Memberitahu guru agar dapat mengajar lebih baik dan tidak melakukan kesalahan lagi
c.   Meminta guru mengidentifikasi kekurangan dan mengajukan alternative perbaikannya
d.Mengamati kegiatan belajar mengajar dan mencatat hal-hal yang perlu disampaikan
e.Menyempurnakan perangkat administrasi guru dan materi pokok yang akan diajarkan

12.  Salah satu upaya untuk mewujudkan kompetensi pedagogik yang dituntut dari seorang pendidik adalah …..
a.Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur dan berakhlak mulia
b.Mematuhi tata tertib dan menjunjung tinggi kode etik profesi pendidik
c.   Menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah  
d.Melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan pembelajaran
e.Menjadi teladan bagi peserta didik dan warga sekolah

13.  Sebuah indikator berbunyi “siswa dapat mempraktekkan …..”. jenis penilaian yang sesuai untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut adalah …..
a.Tes tertulis
b.Unjuk kerja
c.   Proyek
d.Pilihan ganda
e.Essay berstruktur

14.  Salah satu bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan adalah pembelajaran tema, maksudnya adalah …..
a.Pembelajaran hanya dilakukan untuk kompetensi yang belum dikuasai siswa
b.Peserta didik belajar tentang suatu tema yang diminati secara mandiri
c.   Memadukan kurikulum dalam tema besar dengan menghubungkan berbagai disiplin ilmu
d.Pembelajaran dilaksanakan secara klasikal pada jam-jam pelajaran sekolah
e.Pelaksanaan pembelajaran dibatasi pada tema-tema tertentu yang esensial

15.       Perhatikan pernyataan berikut :
1)    SKL ujian nasional
2)    SKL ujian sekolah
3)    SKL mata pelajaran
4)    SKL satuan pendidikan
5)    SKL kelompok mata pelajaran
   Standar kompetensi lulusan yang terdapat dalam Permendiknas No. 23 tahun 2006   meliputi :
a.1), 2), dan 3)
b.1), 2), dan 5)
c.   2), 3), dan 4)
d.2), 4), dan 5)
e.3), 4), dan 5)

16.  Komponen silabus mencakup semua ranah (kognitif, psikomotor, afektif), hal ini merupakan salah satu prinsip pengembangan silabus, khususnya ….
a.Ilmiyah
b.Relevan
c.   Sistematis
d.Menyeluruh
e.Konsisten

17.  Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat kepada peserta didik untuk memotivasi, mengembangkan kreatifitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian dan mendorong semangat belajar. Hal ini merupakan salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan RPP. Prinsip tersebut adalah ….
a.Mendorong partisipasi aktif peserta didik
b.Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
c.   Kebermanfaatan bagi peserta didik
d.Ketercapaian kompetensi bagi peserta didik
e.Memberi umpan balik dan tindak lanjut pada peserta didik

18.  Kejelasan informasi dalam bahan ajar cetak merupakan salah satu criteria pada komponen …..
a.Kegrafikan
b.Kebahasaan
c.   Kebenaran isi
d.Penyajian
e.kebermanfaatan

19.  Contextual teaching and learning (CTL) adalah salah satu pendekatan yang sangat dianjurkan dalam proses pembelajaran. Salah satu komponen dalam CTL adalah …..
a.Teaching community
b.Learning community
c.   Student  community
d.Team community
e.Asking  community


20.  Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan
materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih   materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami,
mata pelajaran lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan
sehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

21.   Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap
akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah
penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja
b. produk
c. penugasan
d. lisan
e. wawancara

22.  Berdasarkan standar sarana dan prasarana, kapasitas maksimal rombongan belajar untuk SMP dan SMA adalah …..
      a.    40 peserta didik
b.    32 peserta didik
c.     27 peserta didik
d.    24 peserta didik
e.    20 peserta didik

23.  Penambahan empat jam pembelajaran per minggu dalam struktur kurikulum seharusnya dilakukan …..
a.Untuk mata pelajaran yang di UN kan
b.Pada mata pelajaran yang memerlukan praktik
c.   Melalui analisis kondisi masyarakat dan lingkungan
d.Dengan memperhatikan standar proses
e.Melalui analisis standar isi, SK, dan KD

24.  Pengembangan diri sebagai upaya pembentuk watak dan kepribadian serta pengembangan minat, bakat dan keunikan diri peserta didik dilakukan melalui kegiatan…..
a.Pelayangan bimbingan dan konseling dan kesiswaan
b.Pelayangan bimbingan dan konseling dan ekstra kurikuler
c.   Pelayangan bimbingan dan konseling dan pembiasaan
d.Kegiatan ekstra kurikuler dan pembiasaan
e.Kegiatan kesiswaan dan ekstra kurikuler


25.  Esensi dari pembelajaran remedial adalah …..
a.    Memberi perlakuan khusus kepada peserta didik yang mengalami hambatan dalam belajar
b.    Melaksanakan tes ulang bagi peserta didik yang belum tuntas dengan segera
c.    Memperbaiki nilai peserta didik yang belum tuntas dengan memberikan tugas
d.    Memberikan tes kepada peserta didik yang sudah tuntas untuk perbaikan nilai
e.    Memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur sebelum tes ulang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar