Pilihlah Salah satu jawaban
yang paling benar !
1.
Sebagai seorang guru, perubahan pola
fikir apakah yang perlu anda lakukan ?
a.
Memfokuskan pembelajaran dengan
memberikan banyak latihan
b.
Menempatkan peserta didik sebagai
arsitek pembangunan gagasan
c.
Meningkatkan peran peserta didik
sebagai konsumen gagasan
d.
Menentukan standar kompetensi dan
kompetensi dasar
e.
Membuat perencanaan pembelajaran
yang sangat rinci.
2.
Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi
3.Standar kompetensi dan kompetensi dasar merupakan lampiran
dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor …..
a. 22 tahun 2006
b. 23 tahun 2006
b. 23 tahun 2006
c. 24 tahun 2006
d. 19
tahun 2007
e. 20
tahun 2007
4.
Kemampuan
yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk
tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai
pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor
d. psikologis
e. kepribadian
tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai
pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor
d. psikologis
e. kepribadian
5.
Materi yang diajarkan oleh guru hendaknya cukup
memadai dalam membantu peserta didik menguasai kompetensi. Hal ini merupakan
salah satu prinsip pengembangan materi pembelajaran, yaitu …..
a.
Adequacy
b.
Konsistensi
c.
Relevansi
d.
Sistematis
e.
Komprehensif
6.Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan
Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 adalah kompetensi …..
a.
Kepribadian, pedagogik,
professional, dan manajerial
b.
Kepribadian, pedagogik,
professional, dan sosial
c.
Kepribadian, pedagogik, professional, dan
kewirausahaan
d.
Pedagogik, professional, manajerial,
dan sosiall
e.
Pedagogik, kewirausahaan,
professional dan social
7. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada
setiap satuan pendidikan dituangkan dalam …..
a.
SKL mata pelajaran dan SKL satuan
pendidikan
b.
SKL mata pelajaran dan SKL Standar
Kompetensi
c.
Kompetensi Dasar dan SKL mata
pelajaran
d.
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
e.
Standar Kompetensi dan SKL satuan
pendidikan
8.
Fungsi
KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
a.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c. merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat
d. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui metode kualitatif atau kuantitatif.
a.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c. merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat
d. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui metode kualitatif atau kuantitatif.
9.Apa yang seharusnya dilakukan sebagai hal terpenting pada
tahap awal (pendahuluan) kegiatan pembelajaran ?
a.Bertanya kepada siswa “sampai dimana pelajaran kita minggu
lalu?”
b.Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
c. Mengabsen dengan
memanggil nama siswa satu per satu
d.Memeriksa apakah siswa telah mengerjakan pekerjaan rumah
e.Memotivasi peserta didik agar siap mengikuti pelajaran
10.
Setiap guru wajib membuat Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
a.No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
b.No. 23 tahun 2006 tentang SKL
c. No. 19 tahun 2007
tentang Standar Pengelolaan
d.No. 20 tahun 2007
tentang Standar Penilaian Pendidikan
e.No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
11.
Jika anda diminta oleh kepala
sekolah untuk melakukan supervisi akademik kepada salah seorang guru, apa yang
seharusnya anda lakukan pada waktu pertemuan pasca observasi?
a.Mendiskusikan langkah-langkah kegiatan dan jenis alat peraga
yang sebaiknya digunakan
b.Memberitahu guru agar dapat mengajar lebih baik dan tidak
melakukan kesalahan lagi
c. Meminta guru
mengidentifikasi kekurangan dan mengajukan alternative perbaikannya
d.Mengamati kegiatan belajar mengajar dan mencatat hal-hal
yang perlu disampaikan
e.Menyempurnakan perangkat administrasi guru dan materi pokok
yang akan diajarkan
12.
Salah satu upaya untuk mewujudkan
kompetensi pedagogik yang dituntut dari seorang pendidik adalah …..
a.Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur dan berakhlak
mulia
b.Mematuhi tata tertib dan menjunjung tinggi kode etik profesi
pendidik
c. Menumbuhkan budaya
mutu di lingkungan sekolah
d.Melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan pembelajaran
e.Menjadi teladan bagi peserta didik dan warga sekolah
13.
Sebuah indikator berbunyi “siswa
dapat mempraktekkan …..”. jenis penilaian yang sesuai untuk mengukur
ketercapaian indikator tersebut adalah …..
a.Tes tertulis
b.Unjuk kerja
c. Proyek
d.Pilihan ganda
e.Essay berstruktur
14.
Salah satu bentuk pelaksanaan
pembelajaran pengayaan adalah pembelajaran tema, maksudnya adalah …..
a.Pembelajaran hanya dilakukan untuk kompetensi yang belum
dikuasai siswa
b.Peserta didik belajar tentang suatu tema yang diminati
secara mandiri
c. Memadukan kurikulum
dalam tema besar dengan menghubungkan berbagai disiplin ilmu
d.Pembelajaran dilaksanakan secara klasikal pada jam-jam
pelajaran sekolah
e.Pelaksanaan pembelajaran dibatasi pada tema-tema tertentu
yang esensial
15.
Perhatikan pernyataan berikut :
1)
SKL ujian nasional
2)
SKL ujian sekolah
3)
SKL mata pelajaran
4)
SKL satuan pendidikan
5)
SKL kelompok mata pelajaran
Standar
kompetensi lulusan yang terdapat dalam Permendiknas No. 23 tahun 2006 meliputi :
a.1), 2), dan 3)
b.1), 2), dan 5)
c. 2), 3), dan 4)
d.2), 4), dan 5)
e.3), 4), dan 5)
16.
Komponen silabus mencakup semua
ranah (kognitif, psikomotor, afektif), hal ini merupakan salah satu prinsip
pengembangan silabus, khususnya ….
a.Ilmiyah
b.Relevan
c. Sistematis
d.Menyeluruh
e.Konsisten
17.
Proses pembelajaran dirancang dengan
berpusat kepada peserta didik untuk memotivasi, mengembangkan kreatifitas,
inisiatif, inspirasi, kemandirian dan mendorong semangat belajar. Hal ini
merupakan salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan RPP.
Prinsip tersebut adalah ….
a.Mendorong partisipasi aktif peserta didik
b.Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
c. Kebermanfaatan bagi
peserta didik
d.Ketercapaian kompetensi bagi peserta didik
e.Memberi umpan balik dan tindak lanjut pada peserta didik
18.
Kejelasan informasi dalam bahan ajar
cetak merupakan salah satu criteria pada komponen …..
a.Kegrafikan
b.Kebahasaan
c. Kebenaran isi
d.Penyajian
e.kebermanfaatan
19.
Contextual teaching and learning
(CTL) adalah salah satu pendekatan yang sangat dianjurkan dalam proses
pembelajaran. Salah satu komponen dalam CTL adalah …..
a.Teaching community
b.Learning community
c. Student community
d.Team community
e.Asking community
20.
Di
bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan
materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami,
mata pelajaran lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan
sehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik
materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami,
mata pelajaran lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan
sehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik
21.
Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1)
tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap
akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah
penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja
b. produk
c. penugasan
d. lisan
e. wawancara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap
akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah
penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja
b. produk
c. penugasan
d. lisan
e. wawancara
22.
Berdasarkan standar sarana dan
prasarana, kapasitas maksimal rombongan belajar untuk SMP dan SMA adalah …..
a. 40 peserta didik
b. 32 peserta didik
c.
27 peserta didik
d. 24 peserta didik
e. 20 peserta didik
23.
Penambahan empat jam pembelajaran
per minggu dalam struktur kurikulum seharusnya dilakukan …..
a.Untuk mata pelajaran yang di UN kan
b.Pada mata pelajaran yang memerlukan praktik
c. Melalui analisis
kondisi masyarakat dan lingkungan
d.Dengan memperhatikan standar proses
e.Melalui analisis standar isi, SK, dan KD
24.
Pengembangan diri sebagai upaya
pembentuk watak dan kepribadian serta pengembangan minat, bakat dan keunikan
diri peserta didik dilakukan melalui kegiatan…..
a.Pelayangan bimbingan dan konseling dan kesiswaan
b.Pelayangan bimbingan dan konseling dan ekstra kurikuler
c. Pelayangan
bimbingan dan konseling dan pembiasaan
d.Kegiatan ekstra kurikuler dan pembiasaan
e.Kegiatan kesiswaan dan ekstra kurikuler
25.
Esensi dari pembelajaran remedial
adalah …..
a.
Memberi perlakuan khusus kepada
peserta didik yang mengalami hambatan dalam belajar
b.
Melaksanakan tes ulang bagi peserta
didik yang belum tuntas dengan segera
c.
Memperbaiki nilai peserta didik yang
belum tuntas dengan memberikan tugas
d.
Memberikan tes kepada peserta didik
yang sudah tuntas untuk perbaikan nilai
e.
Memberikan penugasan terstruktur dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur sebelum tes ulang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar